Rabu, 19 Agustus 2009

Model Setang Skutik




KOMPAS.com - Pesatnya perkembangan modifikasi sepeda motor di Tanah Air diikuti dengan komponen pendukungnya. Di antaranya, setang yang desainnya semakin variatif. Memang, sekarang ini sangat didominasi model low rider dan sport look.

Untuk yang sport dikuasai rancangan gaya drag. Semisal, setang jepit atau yang biasa tapi bentuknya lebih merunduk. Beda sama aliran low rider yang jumlahnya banyak, mulai dari model biasa alias copot batok lampu sampai ala robot dan chopper. "Tida hanya produk impor, buatan lokal pun sudah banyak yang bagus," sebut Lim Irawan dari Central Variasi Cengkareng, Jakarta Barat.

Selain bentuk, harga ikut bervariasi. Untjuk yang impor bermain di atas Rp800 ribuan. Sedang produk lokal bermain dari Rp75 ribuan sampai Rp250 ribuan.

Komponen pendukungnya, seperti dudukan setang juga mengikuti perkembangan tren. "Dudukan setang juga beragam, bukan hanya sesuai merek skutik. Tapi juga banyak merek dan produk yang ditawarkan," bilang Donny Syminow, mekanik F-16 Motor, Ciledug, Tangerang.

Sama seperti setang, soal harga tergantung buatannya. Untuk impor kisaran Rp350 ribuan, sedang lokal mulai dari Rp175 ribu sampai Rp250 ribuan.

Breket juga disesuaikan dengan jenis motor. Untuk Honda dan Suzuki, tambah Denny, lubang pengunci di tengah, sedang Yamaha di Samping.

1 komentar:

  1. ternyata stang motor banyak jenisnya ya..
    Nice Info, sangat berguna untuk menambah wawasan

    BalasHapus