Rabu, 19 Agustus 2009

Rekayasa Mesin Rotary Mazda

Sejarah permobilan mencatat bahwa salah satu penemuan terbaik di sektor pembangkit daya adalah mesin rotary yang dibuat oleh Felix Wankel. Mesin ini terbilang unik, karena pistonnya merangkap sebagai ruang bakar dan memiliki gerak berputar (berotasi), bukan seperti mesin lainnya yang lazim bergerak vertikal ataupun horisontal. Awalnya, mesin rotary dipasang pada pesawat tempur Jerman di era ‘50-an. Baru kemudian, teknologi ini dilirik produsen otomotif, seperti GM, Mercedes-Benz, Rolls-Royce, dan Mazda.

Namun, di antara para manufaktur tersebut, di tangan Mazda-lah lompatan terbesar teknologi mesin rotary terjadi. Melalui Mazda Cosmo Concept, di ajang Tokyo Motor Show 1963, mesin ini menyihir publik karena meski berkapasitas kecil, tenaga dan torsinya cukup besar. Tradisi itu berlanjut hingga kini, di mana mesin rotary adalah jantung pacu wajib untuk mobil sport Mazda RX-series.

Seiring rumor akan hadirnya RX-7 anyar dan RX-8 terbaru di 2010, Mazda terlebih dahulu menggulirkan sumber tenaganya. Mesin ini merupakan generasi anyar jantung pacu berkode 16X, yang diklaim lebih bertenaga dan lebih irit, berkat adanya perubahan desain dan penyematan teknologi baru.

Tahun 2009 ini pun selubung misteri RENESIS (akronim darai Rotary Engine GENESIS) terbaru mulai tersingkap. Ubahan pertama dapat dilihat dari disematkannya teknologi khas Mazda, DISI (Direct Injection Spark Ignition). Pada dasarnya, sistem injeksi ini akan mencampur terlebih dahulu udara dan bensin, sebelum disuntikkan ke ruang bakar. Tujuannya, agar torsi tetap terjaga di segala putaran. Walhasil, karena torsi yang dihasilkan konstan, mobil pun akan berakselerasi lebih cepat.

Ubahan berlanjut dengan penggunaan dua busi tiap silinder. Selain itu, jarak antar busi dan jarak busi ke ruang bakar juga diubah. Cara ini dilakukan agar pembakaran stabil. Sebagaimana diketahui, piston pada mesin rotary juga berfungsi sebagai ruang bakar. Kondisi ini mengakibatkan besar kemungkinan terjadi ketidaksempurnaan pembakaran saat putaran tinggi, karena piston bergerak terlalu cepat dan waktu percikan api busi tidak tepat. Lalu, untuk mengeliminasi overlap (bentroknya arus masuk BBM dengan aliran keluar sisa pembakaran), dimensi piston dan cangkangnya diperbesar.

Isyu tentang mesin rotary yang boros oli mesin juga dapat diatasi dengan mengubah dan memperbesar jalur pelumasan. Penggunaan oli lebih efisien karena dapat menjangkau area yang lebih luas ketimbang cara lama, di mana oli mesin berkumpul di satu dua titik pelumasan. Dari perubahan yang ada, bisa dipastikan terjadi kenaikan kapasitas mesin. Diperkirakan, mesin baru ini hadir dalam konfigurasi twin rotor, 800 cc x 2 (sebelumnya 654 cc x 2), dengan bahan bakar lebih hemat 20% dan menghembuskan tenaga hingga 270 hp (dari sebelumnya 260 hp).
Bayu Arya

16 komentar:

  1. Informasi dalam artikel ini sangat bermanfaat khususnya bagi industri otomotif dalam meningkatkan performa untuk menghasilkan mobil keluarga ideal terbaik Indonesia yang mampu bersaing di manca negara serta menciptakan lapangan kerja.

    BalasHapus
  2. info yang menambah wawasan trimakasih .
    maju terus otomotif indonesia
    jangan lupa mamfir ke bloger km trimakasih

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas tipsnya gan :) sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  4. Thank you for the info that is very useful for many people ..
    Let's visit our latest website at LINK ALTERNATIF CHANNEL 4D and also at LINK ALTERNATIF AURORATOTO and also at LINK ALTERNATIF ISTANA IMPIAN.

    And for those of you who want to open a business in the business world, just go to our official site on LOTUS4D and also on RIA4D.

    so that's all the info from me to all of you, thank you for your attention :)

    BalasHapus
  5. https://olahragabagus.blogspot.com/2016/06/sejarah-singkat-perkembangan-olahraga.html?showComment=1570231138807#c4557094287739537606

    BalasHapus
  6. https://olahragabagus.blogspot.com/2016/06/sejarah-singkat-perkembangan-olahraga.html?showComment=1570231138807#c4557094287739537606

    BalasHapus
  7. ituQQ - Agen Sakong Online | Bandar66 | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia

    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap
    1 ID untuk 8 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituQQ

    * Domino99
    * AduQ
    * Poker
    * Capsa Susun
    * BandarQ
    * Bandar 66
    * Bandar Poker
    * Sakong

    => Bonus Cashback 0.5% (dibagikan 2x setiap Minggunya)
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Permata Bank, Etc)
    => Menerima Deposit Via : (OVO, Go-Jek, XL, TELKOMSEL, Axis, Etc)

    * Pusat Bantuan ituQQ

    LINE : ituQQ
    WECHAT : ituQQQ
    WHATSAPP : +855-9589-7137

    * ituBola - Judi Bola - Judi Casino - Judi Poker - Judi Domino QQ
    * ituCasino - Judi Casino - Judi Bola - Judi Poker - Judi Domino QQ

    BalasHapus